Berdayakan Masyarakat Destinasi Wisata Baru Stroberi Greenhouse Jadi Jujugan Wisatawan, Heli Suyanto Dukung Penuh: Yang Penting Tidak merusak Lingkungan ~ Pojok Kiri Malang Probolinggo
RUNNING STORY :
Loading...

Berdayakan Masyarakat Destinasi Wisata Baru Stroberi Greenhouse Jadi Jujugan Wisatawan, Heli Suyanto Dukung Penuh: Yang Penting Tidak merusak Lingkungan

-

Baca Juga

Berdayakan Masyarakat Destinasi Wisata Baru Stroberi Greenhouse Jadi Jujugan Wisatawan, Heli Suyanto Dukung Penuh: Yang Penting Tidak merusak Lingkungan



BATU,pojokkirimapro.com.Walaupun masih dalam tahap pengerjaan, proyek pembangunan Stroberi Greenhouse dengan luas 16 hektare yang berlokasi di Jalan Gimbo, Dusun Jurang Kuali, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu terus dikebut.


Walaupun belum rampung, namun destinasi wisata baru itu sudah mulai dipadati para wisatawan yang berkunjung.Mereka, para wisatawan yang datang mengaku penasaran dengan proyek pembangunan Stroberi Greenhouse. Terlihat, banyak didominasi kaum millenial atau muda mudi yang sekadar berswafoto di lokasi tersebut.


Salah seorang wisatawan asal Mojokerto Rina Febrina (23) mengaku takjub, dengan proyek yang masih dalam pengerjaan itu."Wah, kalau jadi ini pasti bagus banget mas, setiap Minggu saya bersama teman-teman pasti kesini untuk foto-foto, dan nongkrong di cafe yang lokasinya tidak jauh dari Stroberi Greenhouse ini," ujar perempuan yang akrab disapa Ina ini, pada Minggu (1/10/2023) lalu.


Sementara itu, hal senada juga diungkapkan Edi Ryan (25), salah seorang biker dari Malang CBR Community, yang mengaku senang dengan keberadaan Stroberi Greenhouse yang dimaksud tersebut."Keren sekali tempatnya, tiap Minggu kami Sunmori ke Cangar nongkrong di cafe selalu menyempatkan foto-foto di tempat ini mas, selain tempatnya bagus udara disini juga sejuk dan segar. Jadi, setelah Sunmori saya bersama teman-teman komunitas CBR pasti healing dengan refreshing ke Stroberi Greenhouse," ungkap mahasiswa asal Kota Malang ini.


Diapresiasi Warga Masyarakat

Salah seorang warga Desa Jurang Kuali Purnomo (45) mengaku mengapresiasi sekaligus bangga, karena menurutnya jika telah selesai pembangunannya bakal dapat menyerap tenaga kerja bagi warga masyarakat setempat.


"Terus terang saya setuju sekali, karena nantinya dapat memberdayakan warga masyarakat disini untuk bisa bekerja disana. Warga disinipun juga bangga, karena setiap Minggu selalu ramai banyak wisatawan yang berkunjung ke Cangar. Bahkan, beberapa warga disini juga berjualan makanan dan minuman di tepi-tepi jalan, karena juga banyak komunitas motor yang selalu nongkrong disini untuk sekadar ngopi," ungkap Bapak dua anak ini.


Didukung Tokoh Masyarakat Desa Jurang Kuali

Dengan keberadaan Stroberi Greenhouse, mendapat dukungan dari salah seorang tokoh masyarakat Heli Suyanto, S.H., M.H yang juga Wakil Ketua ll DPRD Kota Batu, mengaku sangat mengapresiasi, sekaligus mendukung penuh."Jadi, sejarahnya itu dulu ada tempat pengolahan jamur disana yang mangkrak (terbengkalai-red) hingga beberapa tahun lamanya, dan pada akhirnya ada investor yang berinvestasi dengan menanamkan modalnya untuk penanaman dan pengolahan buah stroberi di Greenhouse. 

Sejauh ini, investor itu sudah berkomunikasi dan sudah sosialisasi ke warga masyarakat setempat beberapa kali di kantor desa, dan ke rumah-rumah warga. Saya sebagai salah seorang warga Desa Jurang Kuali ya mengapresiasi sekaligus mendukung penuh,karena tidak mudah mendapatkan investor.Saya setuju sekali, namun dengan syarat tidak merusak lingkungan, secara perekonomian dapat membuat efek domino sehingga berdampak dapat meningkatkan perekonomian, dan terakhir warga masyarakat sekitar harus dapat bekerja disana," kata Heli kepada awak media, pada Kamis (5/10/2023).


Politisi Partai Gerindra ini menambahkan, jika pihaknya selalu mengawal sampai benar-benar dapat terealisasi seperti dengan pemerintah desa, Pemerintah Kota Batu dan anggota legislatif itu harus membantu menjembatani antara warga masyarakat dengan pihak investor.

"Tentunya sudah pernah kita tanyakan sebelumnya, ini mau dibuat apa? Dari pihak investor waktu itu menjawab, jika rencananya akan dibangun tempat destinasi wisata Stroberi Greenhouse diantaranya seperti penanaman, pengolahan hingga ekspor ke luar negri ke negara Jepang. Jadi, kalau dulu itu di tempat ini ekspor jamur ke luar negri, seperti Eropa dan Arab. Kalau sekarang ini dari pihak investor mengatakan nantinya akan ekspor buah stroberi. Jadi, stroberinya itu bukan asal lokal, tapi memang impor dari negara Jepang, namun yang pastinya tidak menyaingi buah stroberi dari para petani lokal yang ada disini," imbuhnya.


Ketua DPC Partai Gerindra Kota Batu ini menguraikan, dengan keberadaan Stroberi Greenhouse, pastinya dapat menambah destinasi wisata yang ada di Kota Batu pada umumnya dan Desa Jurang Kuali pada khususnya, hingga dapat dikenal luas baik di kancah nasional hingga internasional.

"Jadi memang bukan wisata petik buah stroberi, nanti jadinya dianggap menyaingi para petani stroberi disini, maupun yang ada di daerah lain. Akan tetapi, memang murni olahan buah stroberi dengan pangsa pasar nantinya akan dikirim ke luar negri,"papar Heli.


Meski demikian, pihaknya berharap, agar ke depan nantinya dapat menjadi daya tarik terutama bagi para wisatawan yang berkunjung, sehingga dapat mendongkrak perekonomian warga masyarakat yang ada di Desa Jurang Kuali.

"Harapan kami, warga masyarakat semua nantinya dapat diberdayakan dimana salah satunya dapat menyerap tenaga kerja yang ada. Selain itu, nantinya juga dapat berkolaborasi bersama para petani yang ada disini,"pungkas Heli.(*).

Mungkin Juga Menarik × +
PERISTIWA
HUKUM
WISATA

 
PT POJOK KIRI MEDIA © 2007 - 2018 Pojokkiri.co All right reserved Alamat Redaksi : Jl Gayungsari Timur No.35 Surabaya,Jawa Timur
Atas
Night Mode