Serap dan Tampung Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo Gelar Reses ~ Pojok Kiri Malang Probolinggo
RUNNING STORY :
Loading...

Serap dan Tampung Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo Gelar Reses

-

Baca Juga

Serap dan Tampung Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Kota Batu Cahyo Edi Purnomo Gelar Reses




Anggota DPRD Komisi B dari Fraksi PDI Perjuangan Cahyo Edi Purnomo,S.Pd.,S.H.,M.H saat tengah diwawancarai awak media usai kegiatan acara reses.(Ysn/Zul).


BATU,pojokkirimapro.com.Anggota DPRD Kota Batu Komisi B dari Fraksi PDI Perjuangan Cahyo Edi Purnomo,S.Pd., S.H.,M.H menggelar kegiatan acara Reses Masa Persidangan  tahun 2023,yang berlangsung di Jalan Wilis Gang 4, Nomor 3,RT 4,RT 5 dan,RT 6,Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu,Kota Batu pada Minggu (24/12/2023).


Hal itu dilakukan,sebagaimana dari amanah, undang-undang, tugas-tugas kedewanan yang mana diberikan kesempatan kepada setiap masing-masing anggota dewan, untuk melaksanakan reses yang diselenggarakan selama dua hari, yakni mulai 23 hingga 24, dengan mengundang sejumlah 225 orang undangan.


Bacaleg DPRD Kota Batu dengan nomor urut 2 Dapil Batu ll,yang meliputi Sisir,Temas,Oro-Oro Ombo ini menyampaikan,bahwa kemarin, pihaknya juga sudah melaksanakan reses yang pertama berlokasi di Perumahan Puri Indah, Desa Oro-oro Ombo,Kelurahan Temas, Kecamatan Batu,Kota Batu.


"Kalau hari ini reses bertempat di rumah saya sendiri.Antusiasme masyarakat mengikuti jalannya Reses ini sangat luar biasa sekali. Disamping saya menjelaskan apa itu reses,dan tugas pokok dan fungsi sebagai anggota DPRD terutama di Komisi B.Dalam reses ini saya juga membahas berapa kekuatan APBD di Kota Batu dan apa saja yang digunakan untuk kepentingan masyarakat,berapa untuk pemerintah dan sebaginya.Ibaratnya 50 persen untuk kepentingan masyarakat dan 50 persen untuk kepentingan di tingkat pemerintahan,"terang Cahyo kepada awak media.


Disamping itu,pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya sebuah arsip bagi anggota keluarga,jika suatu misal terkena musibah seperti bencana alam banjir dan tanah longsor.


"Jadi hari ini kita sengaja mendatangkan ahli kearsipan dengan maksud dan tujuan untuk memberikan penjelasan kepada warga masyarakat,bagaimana penataan arsip di dalam keluarga.Seperti salah satu contohnya, bagaimana dengan cara menyimpan arsip serta dokumen lainnya,bagaimana kalau terjadi kerusakan,terjadi kebencanaan seperti yang terjadi di Dusun Beru kemarin yang terjadi banjir,yang tidak kita duga.Kemudian, dokumennya misalkan tidak ada semua,atau rusak lha itu bagaimana cara menggurusnya kembali,yang masih ada bagaimana cara menyimpannya kembali,serta bagaimana untuk merawatnya,"ujar Cahyo.


Selain itu,Politisi PDI Perjuangan yang juga Bacaleg dari DPC PDI Perjuangan Kota Batu ini menambahkan,bahwa reses ini adalah sebagai ajang untuk menjalin tali silaturahmi, serta upaya dalam menyerap aspirasi dari masyarakat yang berada di wilayah Dapil ll.


"Jadi intinya reses ini yang pertama bertemunya anggota DPRD sesuai dengan amanah undang-undang,bertemu dengan konstituennya,mendiskusikan,mendialogkan apa saja yang kurang di masyarakat, serta keluhan-keluhan maupun aspirasi yang nantinya kita tampung untuk dikerjasamakan dengan kami bersama dengan pemerintah untuk berkolaborasi bersama untuk menyelesaikan segala macam persolan-persoalan,baik di tingkat RT,RW, kelurahan seperti apa,dan tentu saja kita ajarkan kepada masyarakat,"imbuh Cahyo.


Menurutnya,dalam kegiatan acara reses moment penting bagi anggota DPRD untuk mengetahui hal-hal apa saja yang diinginkan oleh warga masyarakat yang ada di daerah Dapil masing-masing.


"Ya,itu karena sekarang dari pemerintah sudah memakai rakor evaluasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), seperti pendataan yang nantinya kita ajukan kepada pemerintah.Sebagai wakil rakyat, tentu saja nantinya bakal kita kawal agar semuanya itu bisa dilaksanakan dengan baik," papar Cahyo.


Kegiatan acara reses,masih kata Cahyo Edi Purnomo dimulai pada pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB,dengan mengundang warga yang berada di RT 4,RT 5 dan RT 6.


Tapi itupun juga tidak semuanya.Karena kita juga menyesuaikan jumlah dan finansialnya juga,"ungkap Cahyo Edi Purnomo.


Dalam kesempatan tersebut, anggota Komisi B DPRD Kota Batu ini juga menerima aspirasi masyarakat mulai dari perbaikan jalan, drainase, dan lain sebagainya.


"Aspirasi yang disampaikan konstituen ini akan kita sampaikan kepada Pemerintah Kota Batu,tujuannya agar dapat ditindaklanjuti dan bisa direalisasikan sesuai dengan harapan masyarakat,”katanya.


Pihaknya juga berjanji,berkaitan dengan keluhan-keluhan masyarakat akan ditampung sepenuhnya serta diperjuangkan bersama-sama.


"Salah satu yang terpenting tentu saja juga untuk kemaslahatan umat,yang nantinya kita serap aspirasinya karena itu juga salah satu faktor utama,"urai Cahyo Edi Purnomo.


Politisi senior partai berlogo kepala banteng dengan moncong putih ini mengimbau kepada masyarakat,agar terus mendukung upaya yang dilakukan Komisi B DPRD Kota Batu melalui dialog yang produktif,untuk dapat menghasilkan solusi masalah di Kota Batu.


"Pada intinya kami siap selalu siap menampung aspirasi dari masyarakat untuk membangun Kota Batu agar lebih baik lagi. Insya Allah pastinya akan kami perjuangan secara optimal,"pungkasnya.(Ysn/Zul).


Mungkin Juga Menarik × +
PERISTIWA
HUKUM
WISATA

 
PT POJOK KIRI MEDIA © 2007 - 2018 Pojokkiri.co All right reserved Alamat Redaksi : Jl Gayungsari Timur No.35 Surabaya,Jawa Timur
Atas
Night Mode