Via Zoom, Wakapolres Batu Bersama Jurnalis Pokja Polres Batu Ikuti Diskusi dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 yang Digelar Polda Jatim ~ Pojok Kiri Malang Probolinggo
RUNNING STORY :
Loading...

Via Zoom, Wakapolres Batu Bersama Jurnalis Pokja Polres Batu Ikuti Diskusi dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 yang Digelar Polda Jatim

-

Baca Juga

Via Zoom,Wakapolres Batu Bersama Jurnalis Pokja Polres Batu Ikuti Diskusi dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 yang Digelar Polda Jatim



Wakapolres Batu Kompol Jeni Al-Jauza, Kasi Humas Polres Batu Ipda Trimo, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas SDM KPU Kota Batu Marlina dan beberapa perwakilan anggota jurnalis Pokja Polres Batu, saat mengikuti zoom Diskusi dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 di ruangan Wira Pratama Command Center Mapolres Batu. (*).

BATU,pojokkirimapro.com.Dalam rangka mensukseskan Pemilu pada 2024 mendatang, Polda Jatim menggelar kegiatan acara Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024, dengan menggunung tema "Polda Jatim Sinergitas Bersama KPU dan Media," di Mako Polda Jatim, pada Selasa (10/10/2023).


Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. Toni Harmanto, M.H, Bid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Dirmanto, S.H., S.I.K, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim beserta ratusan wartawan.


Selain itu, pada Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024 ini juga diikuti oleh Polres yang ada di wilayah se-Jawa timur.


Seperti halnya di Polres Batu sendiri, yang juga mengikuti Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024, melalui zoom di ruang Wira Pratama Command Center Mapolres Batu Jalan AP III Katjoengn Permadi, Kecamatan Junrejo, Kota Batu pada Selasa (10/10/2023).


Pada kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolres Batu Kompol Jeni Al-Jauza, Kasi Humas Polres Batu Ipda Trimo Wahyudi dan beberapa perwakilan anggota jurnalis Pokja Polres Batu.


Pada pembukaan Diskusi Panel dan Pelatihan Peliputan Pemilu 2024, Kapolda Jatim Irjen Pol. Dr. Toni Harmanto, M.H menekankan pentingnya lima hal.


"Pertama, Polri Siap memberikan pelatihan informasi terkini kepada rekan-rekan media mengenai hukum, regulasi serta pengembangan terbaru dalam bidang keamanan dan penegakan hukum. Kedua, jadikan Polri sebagai mitra kerja awak media, sehingga tercipta sinergitas dan kolaborasi yang baik antara Polri dan media yang dapat menghasilkan simbiosis mutualisme. Ketiga, mari kita menjaga terbuka antara media dan Polri. Keempat, kami mendorong rekan-rekan media untuk selalu mematuhi etika jurnalistik dan bertanggungjawab dalam penyajian pemberitaan. Kelima, kami akan menerima dengan baik kritik konstruktif dan umpan balik dari media,"tegasnya.


Di ruang Wira Pratama Command Center Polres Batu sendiri, Wakapolres Batu Kompol Jeni Al-Jauza menyampaikan, bahwa berkaitan dengan Pemilu pada 2024 mendatang, pihaknya selaku APH (Aparat Penegak Hukum) hanya sebatas menjaga kondusifitas Kabtimmas di seluruh wilayah hukum Polres Batu.


"Ya,pada prinsipnya kami (Polres Batu-red) hanya mengamankan sekaligus mengimbau kepada semua lapisan masyarakat peserta Pemilu, agar jangan sampai terjadi kerusuhan dalam Pemilu 2024. Tentunya kami juga melakukan sinergitas kepada rekan-rekan media melalui pemberitaan yang akurat, akuntabel, menyejukkan dan berimbang, karena peran serta media sangat penting dalam hal pemberitaan terkait dengan Pemilu,"kata Kompol Jeni.


Perwira menengah Polri dengan pangkat satu bunga melati di pundaknya ini menambahkan, sebagai media haruslah bersikap netral, independent yang tidak menyudutkan suatu golongan maupun kelompok tertentu, serta tidak memihak salah satunya.


"Selain itu, saya berpesan kepada rekan-rekan media, jangan menjadi media dua hal CNN (Cuma Nanya-Nanya) seperti bertanya terus, tapi tidak pernah menulis atau tidak ada beritanya, dan yang kedua jangan menjadi media Copas (Copy Paste) dari media lain. Jadi, konkretnya sebagai wartawan atau jurnalis memang harus turun langsung ke lapangan, agar beritanya dapat dipertanggungjawabkan dan akurat serta berimbang,"pesan dia.


Di tempat yang sama, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas SDM KPU Kota Batu Marlina menyampaikan, bahwa pihaknya juga sangat berterimakasih kepada Polres Batu dan rekan-rekan media, untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu 2024 mendatang.


"Kami tentunya juga butuh dengan rekan-rekan media untuk membantu mensosialisasikan melalui pemberitaan, sekaligus mengedukasi kepada masyarakat peserta Pemilu. Selain itu, tentunya kami juga berterimakasih kepada Polres Batu terkait dengan pengamanan, dengan tujuan agar Pemilu 2024 mendatang dapat berjalan dengan aman, kondusif dan sukses, yang tidak terjadi kendala apapun,"pungkas Marlina.


Tak lupa, anggota KPU Kota Batu ini juga berpesan kepada rekan-rekan media, jika akan mencari informasi yang akurat bisa langsung melakukan konfirmasi atau datang langsung ke KPU Kota Batu.



"Tentunya itu sangat penting sekali bagi rekan-rekan media demi keakuratan dan keberimbangan sebuah informasi yang nantinya diberitakan, tujuannya tentu saja agar valid dan tidak simpang siur sehingga tidak menimbulkan kegaduhan. Dalam hal ini, kami sangat terbuka kepada semua rekan-rekan media, untuk dapat membantu dengan bekerjasama dengan kami (KPU-red) untuk mempublish melalui pemberitaan yang pastinya sesuai dengan fakta yang sebenarnya,"tandasnya.(*).

Mungkin Juga Menarik × +
PERISTIWA
HUKUM
WISATA

 
PT POJOK KIRI MEDIA © 2007 - 2018 Pojokkiri.co All right reserved Alamat Redaksi : Jl Gayungsari Timur No.35 Surabaya,Jawa Timur
Atas
Night Mode