Tingkatkan Pelayanan Publik dan Dukung Kinerja Pemerintah, Bappelitbangda Pemkot Batu Launching Si-RIDa KOBa ~ Pojok Kiri Malang Probolinggo
RUNNING STORY :
Loading...

Tingkatkan Pelayanan Publik dan Dukung Kinerja Pemerintah, Bappelitbangda Pemkot Batu Launching Si-RIDa KOBa

-

Baca Juga

Tingkatkan Pelayanan Publik dan Dukung Kinerja Pemerintah,Bappelitbangda Pemkot Batu Launching Si-RIDa KOBa




BATU,pojokkirimapro.com.Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik,serta mendukung kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah,maka pemerintah daerah berkewajiban untuk mengembangkan inovasi.


Hal itu,berdasarkan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 104 Tahun 2018, tentang Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif Inovasi Daerah.


Dimana salah satu tugas dan fungsi Bidang Penelitian dan Pengembangan, Bappelitbangda Pemerintah Kota Batu mengkoordinasikan riset dan inovasi daerah, dengan melaunching Inovasi Sistem Informasi Riset dan Inovasi Daerah Kota Batu (Si-RIDa KOBa) di Hotel Zamzam Kota Batu.


Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda Pemkot Batu, Patah Hariyanto, S.T menyampaikan, bahwa Si-RIDa KOBa, sebagai aplikasi pendukung kegiatan Bappelitbangda dalam rangka untuk menjalankan, memfasilitasi, mengkoordinasi, memonitoring dan mengevaluasi terkait Inovasi Daerah dan kegiatan Riset-Iptek.


"Sehingga perkembangannya akan menjadi terukur dan mempunyai manfaat yang besar bagi pembangunan daerah,"kata Patah kepada awak media,pada Kamis (9/11/2023).


Menurutnya, aplikasi  Si-RIDa KOBa terdapat dua menu utama,dimana salah satunya untuk mendukung kolaborasi dan kerjasama riset antara lembaga riset maupun perguruan tinggi.

"Ya,itu baik dalam hal pendanaan riset maupun pemanfaatan hasil-hasil riset yang dihasilkan, dan bermanfaat bagi pemerintah Kota Batu,"ujarnya.


Menurutnya, dalam era global seperti pada saat ini,pembangunan perlu lebih mengedepankan aspek pemanfaatan Iptek dan inovasi sebagai faktor pembentuk daya saing daerah. 

"Perwujudan penguatan sistem inovasi daerah dilakukan melalui penataan daya dukung unsur organisasi, kerangka regulasi, dan internalisasi budaya inovasi guna mendukung kinerja pemerintah dalam melaksanakan pembangunan maupun peningkatan pelayanan bagi masyarakat,"paparnya.


Dirinya menguraikan,bahwa fungsi sistem informasi pada menu inovasi adalah sebagai bank data inovasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD),monitoring dan evaluasi inovasi Organisasi Perangkat Daerah,serta sebagai data dasar untuk pengisian aplikasi kementerian dalam negeri dalam rangka pengukuran Indeks Inovasi daerah dan Inovative (IID) Government Award (IGA).



"Aplikasi Si-RIDa KOBa ini akan terus kami sempurnakan dan dikembangkan secara berkelanjutan,sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan peraturan perundang-undangan terkait dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah,"pungkasnya.(*).


Mungkin Juga Menarik × +
PERISTIWA
HUKUM
WISATA

 
PT POJOK KIRI MEDIA © 2007 - 2018 Pojokkiri.co All right reserved Alamat Redaksi : Jl Gayungsari Timur No.35 Surabaya,Jawa Timur
Atas
Night Mode